Jogja Info

Diposting oleh Hanif | | Posted On Senin, 05 Maret 2012 at 06.56

JOGJA—Tahun ini Jogja bakal merealisasikan tujuh kampung wisata, menyusul lima kampung wisata yang sudah dikembangkan 2011. Kampung wisata disasar menjadi tujuan wisata alternatif selain Malioboro, Kraton Jogja, Gembira Loka dan wisata yang sudah ada lainnya.
Tujuh kampung merupakan wilayah kelurahan yakni Pandeyan, Notoprajan, Suryatmajan, Brontokusuman, Tamansari, Prenggan, dan Sosromenduran. “Masing-masing wilayah akan menonjolkan ciri khas misalnya,” terang Kepala Seksi Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jogja Bysrie Romli, kemarin.


Ilustrasi
Bysrie beralasan, dukungan terwujudnya kampung wisata ditindaklanjuti setelah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Jogja melihat adanya mi
nat wisatawan khususnya wisatawan mancanegara mengunjungi permukiman maupun obyek masyarakat diluar wilayah wisata.
“Ada gejala yang menunjukkan wisatawan menginginkan objek wisata selain Kraton, Malioboro, dan obyek wisata umum lain di Jogja,” terangnya.
Terpisah, tokoh masyarakat Kelurahan Sosromenduran, Sudaryo Broto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan diri menjadi salah satu kampung wisata di Jogja dengan menonjolkan kembali tradisi apeman ruwahan.
“Sebagai bekal, ada program pemberdayaan masyarakat lewat ketrampilan membuat kerajinan untuk cinderamata, pelatihan satpam dan lainnya,” kata Broto, pekan lalu.


Sumber: www.harian jogja.com

Comments:

There are 0 komentar for Jogja Info

Posting Komentar